Menjadi Juru Bicara Islam di Tomohon


Di antara deretan gereja di sepanjang jalan poros Manado – Tomohon, berdiri satu-satunya masjid dan pesantren, yaitu Masjid At-Taqwa – Pesantren Hidayatullah Tomohon, tepatnya di Lingkungan VII, Kelurahan Kinilow, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon. Saat ini jumlah komunitas muslim kurang lebih 4 ribu jiwa atau sekitar 5 persen dari total penduduk Kota Tomohon yang mencapai 89 ribu jiwa. Dengan penduduk yang mayoritas Kristen, kehadiran Hidayatullah semula mengalami banyak penentangan. Cobaan datang silih berganti, mulai dari pengancaman, pemaksaan pembubaran pesantren sampai ada kasus pembunuhan santri.

Alhamdulillah, berkat komunikasi yang baik dengan semua pihak, kehadiran Hidayatullah mulai bisa diterima. Bahkan beberapa tahun terakhir sering diundang sebagai juru bicara Islam dalam dialog antar agama dan sekte. Di Sulawesi Utara, umat Kristen terpecah dalam ratusan sekte, yang memiliki perbedaaan prinsip satu dengan yang lain. Persoalan terakhir yang mencuat adalah mengenai hari ibadah Kristen, Sabtu atau Minggu. Perdebatan soal ini dipicu oleh maraknya praktek ibadah yang dilakukan oleh beberapa sekte pada hari Sabtu, bukan hari Minggu seperti pada umumnya. Dalam forum dialog-dialog antar sekte tersebut, Hidayatullah diminta sebagai pembanding dan penengah di antara sekte yang saling berselisih.

Dukung dakwah para dai nusantara melalui rekening donasi Bank Syariah Mandiri 7333-0333-07 a/n:Pos Dai Hidayatullah, BNI, no rek: 0254-5369-72 a/n: Yayasan Dakwah Hidayatullah Pusat Jakarta, Bank Muamalat no rek: 0002-5176-07 a/n: Yayasan Dakwah Hidayatullah Pusat Jakarta. Ikuti juga program dan kiprah dakwah dai lainnya serta laporan di portal www.posdai.com
sumber : www.posdai.com
Post ADS 1
Banner
Banner