Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Beasiswa S1 Favorit Dalam Negeri


JAKARTA – Beasiswa menjadi salah satu alternatif pembiayaan studi yang diminati banyak orang. Setiap tahun, jutaan orang berbondong-bondong melamar beasiswa yang diberikan para lembaga donor, baik dari dalam maupun luar negeri.
Program beasiswa dalam negeri sendiri tersedia untuk berbagai jenjang, termasuk perguruan tinggi dan pascasarjana. Kampus Okezone, Kamis (22/1/2015), pun merangkum delapan beasiswa favorit dalam negeri.
1. Bidikmisi
Program beasiswa dari Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi (Ditjen Dikti) ini membantu mahasiswa yang berprestasi secara akademis namun kurang mampu secara ekonomi. Sejak 2010, beasiswa Bidikmisi sudah membantu puluhan ribu mahasiswa di kampus negeri dan swasta. Selain mendapat fasilitas biaya kuliah hingga lulus, penerimanya juga mendapat uang saku setiap bulan.
2. Djarum Beasiswa Plus
Djarum Foundation tidak hanya memberi beasiswa prestasi bagi mahasiswa di berbagai kampus Tanah Air. Penerima beasiswa ini (Beswan Djarum) juga mendapat berbagai pelatihan soft skill seperti kepemimpinan dan pembangunan karakter selama satu tahun durasi beasiswa. Beswan Djarum juga diberi kesempatan mengaplikasikan hasil pelatihan tersebut dalam kegiatan Community Empowerment.
3. Beasiswa Tanoto Foundation
Tanoto Foundation bekerja sama dengan sembilan perguruan tinggi di Indonesia dalam memberi beasiswa S-1 dan S-2. Selain tunjangan studi, penerima beasiswa juga berkesempatan magang di perusahaan mitra, konseling akademis, program pembekalan (enrichment program), Tanoto Scholar Gathering, serta kesempatan bekerja di Grup Royal Golden Eagle (RGE) melalui proses seleksi karyawan secara professional.
4. Beasiswa Sobat Bumi
Program beasiswa dari Pertamina Foundation ini bertujuan menghasilkan individu-individu yang mampu menerapkan, mendukung, serta menciptakan budaya dan kehidupan ramah lingkungan. Penerimanya dibekali pengetahuan tentang konsep green life secara komprehensif sehingga mampu menjadi agent of change dalam bidang lingkungan yang memberikan kontribusi positif dalam meningkatkan kualitas kehidupan masyarakat Indonesia.
5. Beasiswa Kalbe
Sejak 1990, Yayasan Dharma Bakti Kalbe memberi beasiswa kepada mahasiswa tingkat akhir di kampus negeri dan swasta. Beasiswa diprioritaskan bagi mahasiswa dari fakultas kedokteran, teknik, ekonomi, dan pertanian. Beasiswa diberikan selama satu tahun dan dapat diperpanjang.
6. Beasiswa Unilever
Beasiswa Unilever telah diberikan kepada mahasiswa berprestasi sejak pertengahan 1950. Beberapa bidang studi yang terkait ruang lingkup Unilever adalah teknik mesin, teknik kimia, teknik industri, teknik fisika, teknologi pangan, farmasi, kimia murni, agrobisnis, psikologi, ekonomi, hukum, dan statistik/matematika.
Beasiswa diberikan tanpa ikatan. Namun jika penerimanya tertarik bergabung dengan Unilever setelah lulus kuliah, maka mereka dapat diikutsertakan dalam proses seleksi pada Management Trainee Unilever Indonesia.
7. Beasiswa Toyota-Astra
Yayasan Toyota dan Astra (YTA) didirikan pada 1974 oleh PT Astra International Tbk dan PT Toyota Astra Motor. Sejak 1976, yayasan ini memberi beasiswa kepada lebih dari 6.000 mahasiswa dan akademisi Indonesia.
8. Beasiswa Sampoerna Foundation
Sampoerna Foundation memberi beasiswa untuk pelajar hingga mahasiswa pascasarjana. Salah satu program beasiswanya adalah Sampoerna Academy, yaitu beasiswa yang diperuntukkan bagi siswa dari beberapa daerah tertentu. Sampoerna Academy sendiri merupakan sebuah program pendidikan berstandar internasional setingkat SMA yang ditujukan kepada siswa berprestasi dari keluarga prasejahtera.
Post ADS 1