Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Link Dofollow dan Nofollow

Di beberapa artikel saya sempat mengunngkapkan tentang dofollow, buat kamu yang awam tentunya agak bingung y, apa itu link dofollow? Dan apa itu link nofollow? sebenarnya dari sususnan katanya saja kita sudah bisa menerka-nerka apa arti dari masing-masing istilah.

Lalu apa fungsi dofollow dan nofollow ini? fungsinya adalah untuk membangun SEO web kamu.

Link Dofollow

Apa itu link dofollow? Kata 'dofollow' berasal dari bahasa Inggris yang artinya mengikuti. Jadilink dofollow itu sendiri adalah sebuah link yang akan di ikuti (crawl) oleh Google bot.

Misalnya kamu mengunjungi sebuah blog dofollow dan lalu kamu berkomentar menggunakan Name/Url ataupun menyisipkan link hidup di komentar yang menuju ke blog kamu. Atau kamu menjadi penulis tamu disebuah blog dan di profil penulis kamu disediakan link yang menuju blog kamu.

Maka saat Google bot melakukan crawling (merayapi) atau melakukan index page, Google bot akan mengikuti kemana arah link yang kamu buat di komentar tadi di karenakan blog tersebut yang bersifat dofollow, dan lalu Google bot juga akan merayapi dan mengindex blog kamu.

Kegiatan Crawl link ini akan meningkatkan SEO blog kamu dimata google sob.

Link Nofollow

Bagaimana dengan  link nofollow? Kata 'nofollow' juga berasal dari bahasa Inggris yang artinya tidak mengikuti. Jadi pengertian dari link nofollow adalah keterbalikan dari dofollow, link yang dibuat tidak akan di rayapi (no crawl) oleh Google bot. 

cara membuat link nofollow di blog kita
Di blogger sendiri, jika kita tidak mau memberikan link dofollow ke orang lain, kita dapat mengaturnya pada pengaturan link (lihat pada gambar di atas). Jangan terlalu mudah mengobral link dofollow ke orang lain y.


Berbicara tentang link dofollow dan nofollow, pasti berkaitan dengan backlink. Backlink sangat mempengaruhi. 

Dari segi kualitas, backlink yang bersifat dofollow lebih unggul dibandingkan dengan backlink yang bersifat nofollow, itu sudah jelas. Itu karena backlink yang sifatnya dofollow akan ikut dirayapi oleh Google bot ketika melakukan perayapan (index page).

Dengan seringnya dirayapi blog kita akan lebih cepat proses index pagenya oleh Google bot melalui backlink - backlink dofollow dan blog kita juga akan mendapatkan Organic Search yang banyak dari google.

Sudah tahukan apa itu link dofollow dan nofollow :) nah mulai praktik deh ya.
Post ADS 1