Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Cara Menulis Blog dengan Konsisten

Rutin menulis mungkin menjadi harapan banyak orang. Kenapa? banyak manfaatnya sebagian sudah saya tulis di artikel berikut: 6 Manfaat Blog untuk Kamu baca deh.

Selain 6 manfaat pada tulisan tersebut, puncak aktualisasinya adalah menerbitkan sebuah buku.Saya berbagi beberapa cara yang saya lakukan untuk rutin menulis. berikut caranya.:

Profesi dan Hobi

Cara pertama berhubungan dengan tema, menulislah tentang profesi dan hobi mu. Tentunya kamu punya banyak banget bahan untuk menulis tentang tema ini. Menulis tentang hobi harusnya kamu sangat antusias dan bisa produktif, kecuali kamu bingung bagaimana menuangkan antusias kamu ke dalam bentuk tulisan.:)

Tema profesimu harusnya juga mudah untuk ditulis, kecuali kamu terjebak dalam profesimu hanya karena "biar gak nganggur,". Jika profesimu yang kamu lakukan tidak berdasarkan panggilan hati sudah dipastikan membosankan dalam proses menulis blog- nya.

Keseharian dan Pengalaman Pribadi

Diri kamu, Keluarga, sahabat, guru, tetangga, dan orang-orang di sekitar mu  bisa menjadi sumber inspirasimu dalam menulis. Kamu harus mengasah kemampuan untuk mengambil sudut pandang ini kisah sukses, kegagalan, romantasi, bahkan jenaka yang kamu rasakan bisa di tuangkan ke dalam tulisan.

Perbanyak Baca

Semakin banyak membaca semakin banyak pengetahuan yang kita miliki, maka akan lebih banyak ide yang bisa kita tuangkan ke dalam tulisan. Baca apa? baca apa saja, buku, koran, majalah, baja kejadian alam, dan lain-lain.

Ditambah lagi Semakin banyak melakukan kegiatan membaca, maka akan semakin banyak kosakata yang kita ketahui. Pembendaharaan kosakata sangat mempengaruhi kamu berseni ketika menulis, fungsinya adalah memberi banyak variasi, dan penekanan dalam tulisan-tulisan yang kita buat.

Hadiah dan Hukuman

Cara Keempat adalah menentukan hadiah dan hukuman. Berikan hadiah bagi dirimu sendiri jika mencapai target, dan berikan hukuman ketika gagal mencapaai batas minimum target.

Hadiah dan hukuman akan membangkitkan motivasimu untuk lebih gigih mencapai target yang sudah kita buat. Sebenarnya hadiah yang terbaik adalah yang kita dapatkan secara natural, semakin konsisten menulis tentu tulisan kita makin sering dibaca orang, di anggap ahli di bidangnya, sampai d tawarkan kontrak penerbitan buku (siapa tahu y.hehe).

Begitu juga dengan hukuman, apa hukuman yang natural? y kamu tetap gini-gini aja, gak ada perkembangan, buang-buang waktu hidupmu, dst.

Menjalankan cara ini kamu harus Minta salah satu kerabat/saudaramu untuk menjadi pengawasnya, karena kita sering khilaf kalo kita yang buat perarturan sendiri dan kita juga yang memberikan reward dan punishmentnya.

Perbaiki Niat, Sempurnakan Ikhtiar

Sabda Rasulullah SAW: ”Innamal a'malu binniyyah. Semua amal itu tergantung pada niatnya.” Terus apa hubunganya sama ngeblog, nulis blog adalah amal juga sob. Niat adalah sumber motivasi yang utama.

"Niat" yang akan mempengaruhi semangat kamu untuk menulis dengan konsisten. Niat jugalah yang akan memeberi arah "konsisten" yang kita raih akan berlabuh kemana? keburukan? kebaikan?

Jika Niat kita hanya untuk bisa dikenal orang, ketika tak ada yang membaca tulisan kita sudah dipastikan kita akan kecewa dan kehilangan semangat menulis. Jadi jangan lupa renungkan apa niatmu untuk bisa konsisten menulis? renungkan ya!:)


Semoga bermanfaat 5 tips dari saya, memang cara tiap orang berbeda-beda untuk konsisten, tapi mudah-mudahan minimal ada 1 tips yang cocok buat kamu y. selamat mencoba.
Post ADS 1