Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pentingnya Sudut Pandang Mobile Seorang Blogger


Kenapa mobile? simpel aja sob. saya mau berbagi beberapa data yang menunjukkan bahwa sekarang arus utama yang sedang tumbuh pesat adalah perangkat mobile.

Data yang saya ambil dari statista menunjukkan tahun 2013 dan 2014 di US perangkat mobile memiliki pertumbuhan pemakaian yang cukup besar ketika perangkat dekstop, televisi, radio, dan koran mengalami penurunan pengguna. itu kan di US, Indonesia pasti beda dong? Sama saja sob!


Data diatas kamu bisa lihat sendiri emarketer mempublikasikan pengguna smartphone di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup pesat setiap tahun. Kok bisa begini y? salah satu sebabnya adalah menjamurnya banyak smartphone murah yang terjangkau oleh kelas menengah kebawah. Bahkan ada loh yang harganya cuma Rp400rb. Murahkan? makanya semua orang bisa membelinya dan pengguna perangkat mobile terus meningkat.

Template Versi Mobile

Terus apa hubunganya prolog diatas sama ngeblog? maraknya pengguna perangkat mobile tentunya sejalan dengan meningkatnya para peselancar internet dengan menggunakan perangkat mobile. Mungkin salah satu diantara mereka sedang mengakses blog kamu loh.

Terus? Pasti beda sob layar 14in komputer/laptop sama layar 3-7in perangkat mobile. Luasnya layar benar-benar beda bangat kan, dan pasti akan mengubah habit para pembaca. Makanya para pembuat template web ramai-ramai membuat template versi mobile atau mereka membuat tempatenya responsive terhadap berbagai perangkat. Salah satuya ya template penaaksi.com ini. belinya sekitar $20 sudah sangat responsive di berbagai perangkat.
responsive versi mobile
Kenapa kita harus punya tempalte versi mobile atau minimal responsive? gak mungkin kan kita menyuruh para pembaca kita zoom in dan zoom out selalu karena dia harus melihat tampilan blog kita yang 14in menggunakan layar handphone yang cuma 4in. pasti beda banget kenyamananya. Dengan memberikan kenyamanan para pembaca tentunya ia semakin betah berada di blog kamu.

Versi Mobile Tanpa Sidebar

Kamu perlu memahami template versi mobile itu secara umum meniadakan sidebar. Untuk kamu yang ngeblog sambil sesekali mencari ikan kayak saya (hehe) wajib memahami hal ini.

Versi dekstop dan versi mobile memiliki area pandang yang berbeda. sehingga area sidebar di mobile bukanlah area utama lagi, karena tidak berada di tampilan utama website. gak percaya? cek gambar dibawah.

di versi mobile untuk ketemu banner unjkita.com kamu harus scroll jauh kebawah
Naaaaaah, agak paham y intinya jika ketika versi mobile fungsi sidebar menjadi kecil. Dalam hal penaaksi.com banner iklan yang di samping jadi tidak terlalu efektif jika kamu membuka dalam perangkat mobile.

Versi Mobile Bawaan Blogspot

Bagi kamu pengguna blogger/blogspot platform ini sudah menyediakan versi mobile secara gratis loh. Tapi untuk kamu yang ingin tampilan lebih baik seperti blog penaaksi.com ini, saya sarankan untuk membeli template saja.

Ngapain beli kan banyak download gratis? saya sarankan jangan gratisan sudah pasti yang gratis-gratis itu templatenya ditanamkan berbagai macam backlink dan script-script pemograman yang membuat blog kami semakin berat. Jadi yang namanya gratis itu cuma fatamorgana saja.

Kembali ke soal versi mobile bawaan blogspot, kamu cukup mengikuti beberapa langkah berikut untuk mengaktifkanya,:

1. Masuk ke dashboard / beranda kamu lalu Klik tombol template pada sidebar.

2. Setelah itu klik tombol edit pada kolom mobile, dan akan muncul tampilan seperti gambar di bawah.

3. Selanjutnya kamu pilih yes, dan pilih mobile template yang ingin di tampilkan. jika sudah menentukan pilihan klik tombol save.

4. SELAMAT, blog kamu sudah ada versi mobilenya. :) silahkan cek blog kamu via handphone ya.

Sekarang sudah pahamkan betapa pentingnya versi mobile untuk blog kamu. semoga artikel kali ini bermanfaat untuk membangun blog kamu menjadi lebih baik.
Post ADS 1