Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips Memilih Template Wordpress yang User Friendly


Buat yang kamu yang ngeblog pasti gak asing dengan platform wordpress. Blog penaaksi ini memang menggunakan blogspot, namun saya sendiri juga menggunakan wordpress terutama untuk bazarumat.net dan unjkita.com. Saya ngeblog dari 2009 namun baru belajar Wordpress hosted itu tahun 2014. Terhitung cukup telat belajar wordpress.hehe.

Memiliki template yang bagus tentunya impian semua blogger, apa lagi kalo template kita sudah SEO friendly. Tadinya judul tulisan ini mau pake "SEO Friendly" hehe, berhubung algoritma google terus mengalami perubahan ke user friendly, jadilah judul tulisan ini diubah jadi User Friendly.

Balik lagi ke soal template, gak sedikit blogger yang salah dalam memilih template sehingga hasilnya kurang maksimal, dan seringkali berujung kesalahan yang cukup fatal. Download template grentongan, beli di forum luar negeri, sampai beli dari developer template lokal pernah penulis jalanan demi mendapatkan template terbaik.

Karenanya penulis mencoba berbagi beberapa tips yang mungkin berguna untuk kamu memilih template wordpress yang user friendly. Kenapa? Agar kamu gak mengalami kesalahan yang sama dengan penulis.:)

Jangan Tertipu Dengan Kata "GRATIS"

Saya sarankan kurangi gratisan y, kenapa? template gratis yang menjamur di dunia maya hanyalah tipuan saja. beneran? sering kali kamu harus membayar untuk "GRATISAN" itu. Memang bayarnya tidak menggunakan uang, tapi dengan yang lain.

Yang paling sering dilakukan oleh para penyebar tempalte adalah backlink yang mereka tanamkan di template yang dibagikan secara "GRATISAN" itu. Semakin banyak yang memakai, semakin banyak mereka mendapatkan backlink gratisan.

Terkadang penyebar template gratisanpun adalah oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Mereka cuma menambal sulam sedikit dari template yang dibuat dari nol oleh seseorang kemudian ditanamkan backlink web mereka kemudian dibagikan ke halayak ramai. Banyak juga yang  lebih kurang ajar lagi, cuma di ganti backlinknya aja.

Memang ada beberapa yang benar-benar membuat template gratis untuk mereka sebarkan dengan tujuan mendapatkan backlink, kalo template seperti ini silahkan digunakan.

Tapi saran saya tetap tinggalkan template gratisan, kenapa? karena template gratisan diciptakan bukan untuk dikembangkan oleh sang pembuat dan belum tentu produk yang sempurna, masih banyak ada bug dan error disana sini. Lebih baik beli saja atau gunakan template bawaan blogspot.

Wajib Responsive

Soal Responsive ini sudah saya bahas panjang lebar di artikel berikut Pentingnya Sudut Pandang Mobile Seorang Blogger.

Ringkasnya pertumbuhan pengguna smartphone di dunia semakin tinggi, tentunya mengubah pola para user dalam mengakses internet yang dahulu menggunakan komputer dekstop kini beralih ke handphone.

Kalo template blog kamu gak responsive akan banyak kehilangan pembaca. Mereka pasti tidak nyaman mengakses template untuk layar 14in komputer/laptop menggunakan handphone dengan layar 3-7in perangkat mobile.

Tombol Share Lengkap

Kamu pengen banget konten web/blog kamu viral dan dibaca oleh banyak orang? nah caranya dengan menyediakan fitur tombol share dengan paltform yang lengkap agar orang lebih mudah untuk memviralkan kontenmu.
tombol share yang penaaksi.com pakai
Perlu juga untuk melihat sumber traffic kamu dari negara mana? apa platform sosial media yang paling sering digunakan orang-orang? kalo di Indonesia sendiri tombol yang wajib ada yaitu facebook, twitter, whatsapp, dan line. Yang lain gimana? opsional aja. Bahkan beberapa orang cukup mengandalkan facebook saja dan tetap bisa viral.

Banyak pilihan layout

Lebih keren lagi kalau  tampilan home/berandanya dapat kamu ubah sesuai keinginan kamu. misalkan template yang penaaksi.com pakai ini, saya juga menggunakanya pada 2 blog berikut dan dengan tampilan yang berbeda.

  1. bajuanakbranded
  2. jagoanmarvel
Tapi blog ini templatenya blogspot ya.hehe, kalo wordpress di unjkita.com dan bazarumat.net saya juga menggunan template yang multi layout. Sekarang hampir semua template berbayar sudah memiliki kemampuan untuk costum layout.

Jika templatenya sudah secanggih ini ada kemungkinan kamu gak perlu beli-beli template lagi. Cukup satu template untuk beberapa website, dan memiliki tampilan home yang berbeda-beda sesuai kebutuhan.

Dukungan Penuh Dari Pembuat


Ketika kamu memantapkan diri untuk membeli sebuah template pastikan poin ini adalah hal yang pertama kali harus terpenuhi. Kenapa? ya jangan sampai kamu membeli sesuatu tapi bingung sendiri bagaimana menggunakannya.

Dukungan dari sang pembuat, baik konsultasi via email ataupun video-video tutorial akan sangat membantu kamu bagaimana cara memaksimalkan template yang akan di gunakan. Dengan memaksimalkan seluruh fungsi yang ada di dalam template kita berharap dapat memberikan kenyamanan untuk kita dan pembaca yang berkunjung.

Themeforest (marketplace untuk template web/blog) mewajibkan setiap developer support min 6 bulan kepada pembeli dimulai dari waktu pembelian.

Wah gak punya kartu kredit nih, jadi susah beli di themeforest, ada juga beberapa rekomendasi developer lokal seperti oketheme. Namun kekuranganya adalah pilihan template yang masih sedikit dan mayoritas adalah template toko online.

Semoga tips kali ini bermanfaat untuk kamu yang mau mengubah tampilan web/blog jadi lebih baik. jika kamu rasa  tulisan ini bermanfaat silahkan sebarkan tulisan ini melalui akun sosial mediamu.
Post ADS 1