6 Keahlian yang Berguna untuk NgeBlog

Update 16/03/2019
Kegiatan ngeblog sekarang ini semakin beragam. Ngeblog gak cuma sekedar berbagi catatan berbentuk tulisan saja. Konten blog bergerak lebih visual lagi dan memanjakan semua indra yang kita miliki seperti berbentuk foto, desain, video, dan audio.

Apa lagi akhir-akhir ini google lebih memanusiakan mesin pencarinya, semakin lama seseorang di blog kamu berarti akan semakin di anggap bagus oleh si mbah google. Bagaimana biar semakin lama? salah satunya dengan memperkaya konten mu dengan foto, desain visual, video, dan audio. apa harus lengkap semuanya? gak perlu secukupnya saja.:)

saya membuat daftar beberapa keahlian yang harusnya kamu miliki untuk memperbaiki & menambah kualitas konten di blog. apa saja daftarnya?  berikut ulasanya.

Jurnalistik Investigasi


Kemampuan mengolah&memverifikasi data, menghubungi narasumber, menginvestigasi suatu konten/kejadian adalah keahlian yang dibutuhkan seorang jurnalis. Dalam dunia blog kemampuan ini pun akan sangat berguna.

Keahlian mengolah data akan membuat konten sangat berkualitas dan tidak mengandung data hoax. Kemampuan ini akan menjadikan blog kamu rujukan bagi banyak orang.

Hadirnya penjelasan narasumber ahli semakin menguatkan kontenyang telah kita buat. Tentunya pemilihan narasumber harus sesuai dengan tema konten yang sedang di buat. Kemampuan Jurnalistik akan membuat blog kamu lebih kredibel dan terpercaya. Dimana belajarnya? kamu bisa ikut komunitas, pelatihan, atau UKM jurnalistik di Kampus.

Fotografi & Videografi

Generasi Y dan Z adalah generasi yang akrab dan nyaman merekam dirinya ke perangkat digital lalu di unggah ke media sosial. Mereka adalah generasi yang sangat visual. Infografis, & Motion graphic adalah konten - konten yang berkembang di masa kini. Bahkan sekarang penyajian beritapun banyak menggunakan konten video seperti AJ+ dan 20 detiknya detik.com adalah contoh munculnya tren videonews.

Desain Grafis

infografis yang dibuat tim ngeblognesia.com
Hampir sama dengan alasan sebelumnya kemampuan desain sangat membantu kamu untuk ngeblog. Seperti membuat infografis, membuat logo, mengedit featured image, dll.

Munculnya media sosial Instagram, & Pinterest adalah tempat untuk mengenalkan blog kamu melalui konten visual.  Walau di Indonesia baru Instagram yang mulai ngeren di Amerika Pintersest adalah sumber traffic yang cukup ramai hanya kalah oleh Facebook.

cek judulnya deh. than twitter. hehe. indonesia? masih belum bro. sumber: statista
Saat ini beberapa Blogger internasional rutin membuat kontek di blognya menjadi infografis. Desain infografis dapat kamu sebar di seluruh media sosial blog kamu.

Marketing

Marketing adalah suatu rangkaian kegiatan untuk memenuhi kebutuhan dan kepuasan konsumen. Caranya dengan membuat produk, menentukan harganya, tempat penjualannya dan mempromosikan produk tersebut kepada para konsumen.

Blog juga produk loh, masak sih? benar kok. Blog adalah produk dalam bentuk konten tulisan. Setiap tulisan yang kamu buat adalah hasil produksi kamu. Makanya untuk mendapatkan hasil yang maksimal blog/produk kamu harus di promosikan, dipasarkan, dan di buat semaksimal mungkin kualitas produksinya. Semual hal itu butuh Ilmu yup, Ilmu Marketing.

Mengolah Audio


Di Amerika kehadiran podcast di itunes telah mengubah kebiasaan masyarakat dalam menikmati konten auido. Hal ini dikarenakan infrastruktur internet yang telah memadai dan membuat masyarakat berpindah dari radio FM yang jangkauanya terbatas ke radio internet salah satunya adalah podcast.

Saat ini di Indonesia mulai terlihat para penikmat streaming audio seperti aplikasi spotify, i tunes, dan soundcloud. Tidak sedikit Blogger Luar negeri yang rutin membuat konten podcast di blognya. Facebook sendiripun akan meluncurkan fasilitas live streaming audio. Yuk pelajari keahlian ini mumpung Tren ini masih menanjak dan belum mencapai puncaknya di Indonesia

Penulis sendiri baru memulai dan sedang libur panjang membuat konten audio.hehe cek Orasi Santai

Menguasai HTML


Hyper Text Markup Language (HTML) adalah sebuah bahasa markah yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web, menampilkan berbagai informasi di dalam sebuah penjelajah web Internet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dalam berkas format ASCII agar dapat menghasilkan tampilan wujud yang terintegerasi.

Keahlian ini penting banget untuk kamu yang menginginkan tampilan terbaik untuk website kamu. Dengan menguasai HTML kamu dapat membuat tampilan website seperti yang kamu inginkan.

Riset & Analisa (update)

Keahlian ini kekinian banget sob. Pekerjaan-pekerjaan yang baru muncul belakangan ini seperti UX Design, Data science, Data analyst, Digital Marketing sangat membutuhkan keahlian riset & analisa.

Begitu juga dengan ngeblog. Terkadang kita harus melakukan riset seperti apa yang sedang ngetrend, artikel apa yang banyak di cari menggunakan tools seperti google keyword planner. Kenapa kita harus melakukan ini? Biar blog kamu itu kontekstual dengan keadaan yang dibutuhkan sekarang.


Itulah beberapa keahlian yang perlu kamu pelajari untuk menjadi blogger professional. Kalau tidak menguasai semuanya gimana? ya minimal kamu ahli di salah satu keahlian diatas. selamat belajar. Happy Blogging.
Post ADS 1
Banner
Banner