Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Menaklukkan Atmosfer : Felix Baumgartner

Sejarah Umat Manusia telah mencatat banyak manusia - manusia super yang melakukan perjalanan ekstrem pada zamanya.dahulu manusia dihantui oleh berbagai macam mitos, bahwa di samudera yang luas terdapat berbagai macam monster, Bumi memiliki tepi berupa Jurang yang sangat dalam , dan sebagainya. Namun kehadiran manusia - manusia super ini telah memberikan pencerahan kepada umat manusia. Bahwa Umat manusia harus berubah.

Ibnu Batuta dan Marco Polo mengispirasi banyak manusia untuk  melakukan penjelajahan yang lainya. Para penakluk samudera seperti Collombus , Vasco da Gama , Magellan dll telah membuka jalan pencerahan bagi benua Eropa yang telah berabad - abad hidup dalam Mitos dan Kebodohan.Begitu juga bagi para penjelajah daratan seperti livingstone dan Henry Morton di Afrika, Charles Strut di Australia mereka menemukan daratan - daratan baru yang bisa menjadi tempat tinggal bagi umat manusia.

Manusia juga menjelajahi gunung - gunung tertinggi di dunia , laut - laut terdalam di dunia , kutub utara , dan juga kutub selatan . Semua catatan perjalanan mereka telah memberikan banyak pengetahuan Apa itu Bumi , Bagaimana bentuk Bumi , dst. tidak jarang dari kisah perjalanan mereka timbul gagasan - gagasan brilian tentang suatu saat manusia akan tinggal di dasar laut , di kota terapung , di luar angkasa , atau bisa jadi di pusat bumi. Saat ini kisah penjelajahan umat manusia terus berlanjut dan kali ini Felix Baugmgartner yang mengambil peran untuk menaklukan Atmosfer Bumi.

Upaya Penjelajahan udara pertama kali dilakukan oleh Ibnu Firnas di langit kota Baghdad. Kemudian dilanjutkan oleh  Wright Bersaudara yang Menciptakan pesawat terbang. Sedangkan pelopor penjelajahan luar angkasa adalah dua negara superpower Amerika Serikat dan Uni Soviet.

Manusia yang pertama kali berhasil menjelajahi luar angkasa adalah Yuri Gargarin. Gargarin menggunakan pesawat Vostok 1 buatan Uni Soviet. Gargarin-lah manusia pertama yang merasakan kondisi Weightlessnes (tanpa Gaya), pengalaman Gargarin dijadikan data untuk penelitian pengaruh tubuh manusia terhadap kondisi Weightlessnes.

Selain Gargarin tentu kita mengenal Neil Amstrong. Jika Gargarin adalah manusia pertama yang menjelajahi luar angkasa , maka Amstrong adalah manusia pertama yang  menjenjakkan kaki di bulan. Untuk sampai ke bulan Amstrong menggunakan pesawat Apolo 11. Terlepas dari kontroversi tentang benar atau tidaknya Amstrong mendarat di bulan, tentu tidak akan menghentikan impian manusia untuk menaklukan planet - planet lain di Tata Surya. Jika dahulu Amstrong dan Gargarin kembali ke Bumi Menggunakan Kapsul , bagaimana jika dilakukan dengan cara Skydiving?

Felix Baumgartner adalah atlit Skydriver asal austria. Baumgartner dari kecil memang sudah tergila - gila dengan udara."Udara adalah Elemen Saya" kata Baumgartner  sebelum melakukan penerjunan dari Stratosfer Baumgartner telah melakukan lebih dari 2.600 kali lompatan, yang sebagian besar sangat menakutkan.




Baumgartner berhasil terjun dari ketinggian 39,044 km dari permukaan laut. ia berhasil terjun dan menembus kecepatan suara. Penerjunan berjalan selama 9 menit 3 detik. Selama 4 menit 20 detik merupakan gerak jatuh bebas berkecepatan 1.342 km/jam atau 1,24 kali kecepatan suara. (BBC). 

"Ini hal yang luar biasa. Ketika Anda berada di ketinggian di dalam baju khusus yang dijaga tekanannya, satu-satunya yang bisa didengar adalah diri sendiri yang bernapas dan Anda bisa melihat lengkungan Bumi, langit yang berwarna hitam," ungkapnya (BBC Senin 15/10/2012).

"Ini momen yang janggal sebab Anda tak pernah melihat langit berwarna hitam. Saat itu, Anda tahu bahwa Anda telah mencapai sesuatu yang besar," tambah Baumgartner.


"Dan kepunyaan-Nyalah siapa saja yang ada di langit dan di bumi. Semuanya hanya kepada-Nya tunduk." (Qs Ar Rum : 26)

Baumgartner langsung memecahkan 3 rekor sekaligus dalam sekali lompatan besar dari Stratosfer, yaitu :

  1. Manusia pertama yang bergerak menembus kecepatan suara tanpa kendaraan
  2. Manusia rekor kecepatan gerak tertinggi.
  3. Skydiver yang pernah terjun dari titik tertinggi.

Tahun ini Kita melihat aksi Manusia Super menaklukan Stratosfer dengan keberanianya. Peristiwa ini akan melahirkan penjelah - penjelajah baru yang menaklukan luar angkasa. Tinggal Menunggu waktu dimana manusia akan kembali ke Bumi dari stasiun luar angkasa dengan cara Skydiving.


Gantungkan cita-cita mu setinggi langit! Bermimpilah setinggi langit… Jika engkau jatuh, engkau akan jatuh di antara bintang-bintang.
~ Soekarno ~
follow me on twitter @ihsanamuslim
Post ADS 1