Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

UN Tidak Kompeten



Ujian Nasional (UN) sungguh menjadi sebuah kontroversi di dunia pendidikan indonesia,ada yang cinta namun banyak yang membenci,tidak meratanya pendidikan di indonesia menjadi kendala di selanggarakanya UN. Setiap tahun penetapan tanggal UN yang tidak jelas menjadi aktivitas rutin wajah pendidikan di indonesia,samapi saat ini pun tanggal diselenggarakanya UN untuk tahun ajaran 2010-2011 belum juga ditentukan.penetapan tanggal UN seperti menjadi permainan politik oleh berbagai kalangan yang mempunyai kepentingan.

Guru banyak mengeluhkan ketidak pastian tanggal pelaksanaan UN dari tahun ke tahun,karena rencana pendidikan yang telah disiapkan pihak sekolah akan menjadi amburadul ketika tanggal UN di tetapkan pemerintah.Sangat disayangkan pemerintah tidak mengerti pentingya perencanaan pendidikan.Prof. Suyanto, Ph. D. menyebutkan bahwa Perencanaan bagian penting yang tidak boleh diabaikan,karena pendidikan sendiri membutuhkan perencanaan yang matang.namun yang terjadi adalah sebaliknya , pemerintah menjadi penghancur rencana pendidikan yang telah disiapkan oleh sekolah.

Sudah sepatutnya penetapan tanggal UN telah ditetapkan ketika tahun ajaran semester ganjil berlangsung,agar guru dan pihak sekolah dapat merencanakan kegiatan belajar mengajar di sekolah mereka.penetapan lebih awal ini akan membentuk generasi yang mengenal proses,karena terbentuk oleh rencana pendidikan yang lebih matang. hal ini akan mengubah wajah pendidikan indonesia yang saat ini terkesan serba instant(noddle generation).


Pendidikan Berkarakter

Post ADS 1