Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Super Camp 2015 : Solidaritas Kuatkan Identitas


Sabtu-Minggu (13-14 Juni) lalu Kampung Sarjana mengadakan kegiatan Supercamp di Kampung Cibuyutan. Kegiatan ini bertujuan khusus untuk meningkatkan solidaritas antar anak Cibuyutan. Sementara tujuan umumnya, sebagai salah satu upaya Kampung Sarjana dalam menyiapkan anak-anak Cibuyutan untuk pembentukan Ikatan Remaja Cibuyutan. Supercamp diikuti sekitar 30 anak Cibuyutan dengan range kelas 5SD-10SMA.


area kemah super camp 2015

Supercamp dimulai pukul 13.00 WIB dengan mengumpulkan anak-anak di MI Mifrahussolah. Kak Nanda selaku MC memeriksa barang bawaan individu dan kelompok yang sudah diberitahukan sebelumnya. Setelah selesai, anak-anak Cibuyutan dan Kak Nanda bergegas menuju Padang Kautsar (red: tempat pelaksanaan Supercamp). Acara Supercamp secara resmi dibukan oleh Kak Titia selaku Project Leader Supercamp. Kegiatan Supercamp ini terdiri dari beberapa kegiatan, diantaranya games, diskusi, materi, pementasan, dan jelajah kampung. Selama berkegiatan setiap kelompok akan didampingi oleh 1 Tim KS. Mereka adalah volunteer KS, yakni Kak Yanwar, Kak Nadhirah, Kak Helma, Kak Sarah, Kak Sisi, dan Kak Iik. Mau tau runtutan kegiatannya? Dilanjut dibawah ya.

Kegiatan pertama anak-anak Cibuyutan adalah pembagian kelompok, pemilihan ketua kelompok, dan pemindahan tenda tempat mereka bermalam. Kelompok yang terbentuk terdiri dari 3 kelompok putra dan 3 kelompok putri. Setelah tenda rapih, peserta Supercamp dikumpulkan untuk mengikuti kegiatan selanjutnya, games. Games kali ini dipimpin oleh Kak Titia dan Kak Nadhirah. Pukul 15.30 WIB anak-anak bergegas berwudhu untuk selanjutnya sholat ashar. Sholat ashar dipimpin oleh Inam (9SMP). Kegiatan selanjutnya adalah diskusi kelompok untuk pementasan malam hari dan makan malam. Setiap kelompok diharapkan mampu menampilkan sesuatu. Sholat magrib dan isya dilakukan di Masjid Cibuyutan. Jeda antara sholat magrib dan isya diisi dengan materi keteladanan dan kebermanfaatan melalui cerita tokoh oleh Kak Asep untuk peserta putra dan Kak Diar untuk peserta putri. Waktu menunjukkan pukul 20.00 WIB, waktunya pementasan. Setiap kelompok menampilkan yang sudah dipersiapkan. Ada yang menampilkan pantomime, drama, dan paduan suara. Pada pementasan ini dihadirkan 3 juri, yakni Pak Idris, Pak RT, dan Pak RW. 

Para Peserta Menampilkan Kreatifitas seni dan budaya
Keesokan harinya dimulai dengan sholat subuh berjamaah (dipimpin oleh Dodo (10SMA)). Kemudian diselingi materi tentang keteladanan dan kebermanfaatan dari tokoh lainnya oleh Kak Asep untuk peserta putra dan Kak Nadiya untuk peserta putri, lalu dilanjutkan dengan sarapan bersama. Waktunya untuk jelajah kampung setelah pemanasan oleh Kak Luthfi. Jelajah kampung ini bertujuan agar anak-anak Cibuyutan mengenal aset yang mereka punya, diantaranya sekolah, perpustakaan, masjid, kebun, dan TPA. Alhamdulillah Supercamp berakhir dengan berjalan lancar. Berikut foto-foto kegiatan Supercamp.

Listya Kurnia
Wakil Ketua Div.Program Kampung Sarjana
Post ADS 1