Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

3 Kebiasaan yang dilakukan Top Seller

Pernah saya ditanya salah satu audience dalam sebuah seminar online shop. "Mas, saya sudah coba jualan online tapi ko kaya putus nyambung ya? pembelinya nyambung trus putus, saya belum bisa jualan online kalau penjualan dikit gini, ga asik jualan online". Saya tanya balik "apa yang sudah mba lakukan?" Ia menjawab "bikin web, fb page, upload barang, udah". Saya jawab saja "itu karena pola pikir mba putus nyambung!".


Pengamatan yang saya lakukan terhadap 100 penjual online dengan penjualan terbanyak atau Top Seller di Bukalapak.com (karena saya hanya punya data lengkap di sini :D) menunjukkan hal demikian. Saya kira penjual2 top di fb, bbm, whatsapp juga memiliki pola yang sama. Sebagian besar mereka sangat responsif, mereka rajin online, mereka siap sedia, siap nyambung dengan pembeli, mereka juga tidak kenal kata putus, kapanpun dimanapun pagi siang malam hari, baik sebelum dan sesudah terjadinya pembelian pertama.

Ada perbedaan besar antara penjual dengan sedikit penjualan dengan para 100 Top Seller tersebut dari segi kebiasaan. Ada kebiasaan2 kecil yang sering dilakukan Top Seller yang tidak dilakukan seller lain. Berikut ini saya share beberapa diantaranya :

1. MENJAWAB PERTANYAAN SEGERA

Bahkan dalam hitungan detik. Tidak hanya cepat tapi juga dengan jawaban yang tepat dan friendly. Kalau coba kita pikirkan, ada benarnya juga kenapa menyegerakan menjawab pertanyaan ini sangat penting. Coba kita bayangkan menjadi pembeli online, umumnya pembeli online adalah mereka yang sibuk dan ga punya banyak waktu, itulah kenapa mereka males ke toko offline. Karena ga banyak waktu, mereka pasti akan memilih siapa yang cepat menjawab pertanyaan mereka. Pembeli umumnya (di bukalapak khususnya) memilih 3, 4 atau lebih barang sejenis, lantas mereka bertanya dulu, stoknya available ga ke semua seller tersebut. Wajar, merek ingin tau mana yang available. Karena waktu mereka ga banyak, yang paling cepatlah yang mereka beli. Walaupun itu lebih mahal. Sementara yang lebih murah menjawab 1x24 jam kemudian, sudah basi! Sang pembeli sudah mendapat barang esoknya.

2. CEPAT MENGIRIM BARANG

Tidak hanya cepat menjawab, guna "nyambung terus" dengan pembeli, mereka umumnya juga menyegerakan pengiriman. Dan tak lupa memberitahukan nomor resi. Usaha untuk "nyambung terus" ini yang umumnya Top Seller tersebut lakukan. Efeknya, customer puas dan senang.
Achmad Zaky (CEO Bukalapak)

3. MEMBERI LEBIH +1

Kebiasaan kecil yang sering sekali dilakukan oleh TOP SELLER dan memiliki impact besar adalah menyelipkan sesuatu di dalam box pesanan. Tidak perlu menyelipkan yang mahal, apapun bisa Anda selipkan selama bermanfaat bagi customer. Barang yang sudah lama ga moving juga boleh. Tujuannya, menancapkan BRAND sang seller dalam benak customer. Customer tentu pernah belanja di tempat lain, tapi yang lain belum tentu menyelipkan sesuatu kan? :)

Dunia online memang memiliki pasar yang besar, jutaan orang berbelanja setiap tahunnya. Ratusan ribu seller online memperebutkannya. Hanya yang "nyambung terus" yang bisa menancapkan reputasi Anda ke dalam pikiran mereka. Berbekas dan selamanya.

Achmad Zaky (CEO Bukalapak)
Post ADS 1