Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Kain Batik Tulis Alami: Keelokan Warisan Budaya Indonesia yang Mendunia


Setiap orang pasti ingin tampil menarik. Namun terkadang bingung harus memilih baju mana agar terlihat lebih sedap dipandang mata. Semakin berkembangnya tren fashion, kain batik pun makin diminati oleh khalayak ramai. Tidak hanya orang tua, anak muda kini suka menggunakan batik untuk acara-acara tertentu. Peminat kain batik semakin bertambah. Tidak hanya warga Indonesia, warga dari berbagai negara dunia juga mulai melirik kain khas Indonesia ini.

Saat kain batik dipuja-puja masyarakat dunia
Secara resmi, kain batik Indonesia diakui UNESCO sejak tahun 2007 sebagai salah satu warisan budaya dunia. Lalu, masuk dalam Daftar Representatif sebagai budaya tak-benda warisan manusia. Motif, warna serta bahannya yang berkualitas membuat Kain Batik Indonesia dilirik bahkan dipuja-puja negara dunia. Hal itu terbukti dari berbagai pendapat para delegasi negara anggota Organisasi Kerjasama Islam (OKI).  

Sebagai buktinya, seorang Menteri Urusan Perempuan Republik Islam Afganistan HB Ghazanfar mengungkapkan. Batik Indonesia memiliki detail yang indah. Menurutnya, para pembantik Indonesia memiliki kesabaran serta rasa cinta terhadap budaya. Sehingga, mampu menghasilkan produk yang nyaman dan indah dipandang mata. 

Selain Ghazanfar, ada juga utusan dari Tunisia bernama Hazem. Motif Kain Batik Indonesia sangat cocok untuk semua masyarakat di dunia. Beliau merasa terkesima akan keindahan kain yang tidak ditemuinya di negara lain. Ada pula seorang delegasi OKI asal Djibouti yang juga merupakan Direktur Urusan Gender, Choukri Houssein. Dia mengaku bahwa batik Indonesia memang menawan dan berkualitas tinggi, namun memiliki harga jual yang mahal.

Selain mereka bertiga, ada juga delegasi dari negara lain mengungkapkan kekaguman yang sama. Menurutnya, wanita hebat yaitu wanita yang mampu membuat produk berkualitas. Sekaligus dapat memberikan pemasukan bagi keluarga bahkan negara yang ditinggalinya.

Berbagai ragam produk batik dengan kualitas dan ilustrasi menarik dari tangan pengrajin
Semenjak diakui oleh UNESCO, batik menjadi identitas Negara Indonesia. Hal itu bisa dilihat dari berbagai motif dan ilustrasi kreatif yang semakin berkembang. Hampir setiap kota atau daerah mempunyai ciri khas kain batiknya masing-masing. Untuk mengetahui ragam produk batik dengan kualitas dan ilustrasi menarik, misalnya:

   Kain batik W13-Wistara Ararya. Berbahan dasar katun primissima, item kerajinan nusantara ini diproduksi dengan teknik batik tulis dan batik cap. Selain itu, memiliki motif abstrak kuno yang diinspirasi ragam motif lawasan peninggalan leluhur (perpaduan antara Budaya, Etnik dan Seni).
   Kain batik tulis alami pecutan BB. Dibuat dari kain katun primmis ga dengan motif pecutan. Warnanya dihasilkan dari ekstrak daun tom atau indigo dan dibuat langsung dari tangan pengrajin.
   Kain batik cap tulis motif tumpal. Dikreasi dari kain katun yang memiliki motif menyerupai bentuk dasar segitiga sama kaki.
   Kain batik tulis alami pring sedaur. Berbahan kain katun primmis ga dengan motif pring sedapur. Warnanya tampak cantik sebab dihasilkan dari ekstrak daun tom atau indigo.

Keempat hasil kreatif para pengrajin tersebut takkan mampu banyak berbicara” tanpa adanya eksistensi pasar online khusus handmade, salah satunya Qlapa dan keempat situs marketplace kerajinan lainnya.

Situs-SitusTerpercaya Untuk Membeli Kerajinan Tangan Asli Indonesia
Makin maraknya konsumen yang menyukai produk kerajinan tangan. Membuat para penguasaha kreatif memunculkan ide membuat situs-situs jual beli kerajinan tangan Indonesia. Beberapa di antara situs terpercaya yang menjual kerajinan tangan asli, yaitu:


   Qlapa. Didirikan oleh Benny Fajarai dan Fransiskus Xaverius pada tanggal 1 November 2015 lalu. situs ini menawarkan aksesoris, prabot rumah tangga, alas kaki dan pakaian etnik.
   Ku Ka. Didirikan oleh Tito pada bulan September 2015. Situs ini didirikan karena Tito merasa bahwa potensi kerajinan tangan di Indonesia sangat besar.
   WebeMall. Weni Sulistiowaty Hartono sudah menggeluti bisnis tas berbahan dasar enceng gondok sejak tahun 1998. Namun, baru pada tanggal 13 Mei 2016, Ia mendirikan sebuah situs jual beli. Situs tersebut lalu Ia beri nama WebeMall.
   Craftline. Dulunya merupakan sebuah situs iklan baris. Kemudian, beralih fungsi menjadi marketplace dan diberi nama Craftline. Di sini Anda bisa menjual dan membeli produk kerajinan lokal. Seperti perabotan rumah, sandal, dan tas.
   Kadokadi. Didirikan pada akhir tahun 2013 silam. Terhitung dari tahun 2014 situs ini telah mempunyai 70 penjual, dengan 150 barang terjual setiap bulannya. Barang yang dijual berupa pakaian, sepatu, dan perhiasan.

Produk kerajinan tumbuh subur, keuntungan sosial ekonomi meningkat
Menurut hasil studi Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia di tahun 2014. Nila ekspor kerajina tangan terus mengalami peningkatan dari tahun 2010 sampai 2013. Di dalam negeri industri kerajinan tangan juga terus meningkat setiap tahunnya. Bahkan di tahun 2014 dan 2015 keuntunga penjualan produk mencapai Rp419.000.000,00.

Dari data tersebut menunjukkan bahwa industri kerajinan tangan di Indonesia punya pasar cukup besar dan terus berkembang. Hal itu terbukti dari berkembangnya marketplace seperti Qlapa.com dan juga permintaan ekspor kerajinan tangan yang terus meningkat. Apabila terus dipertahankan dan ditingkatkan, keuntungan yang didapat akan semakin menjanjikan. Meskipun begitu, kita tidak boleh lengah. Karena masih banyak hal yang harus dibenahi di industri kerajinan tangan Indonesia agar potensinya lebih bagus lagi.

Post ADS 1