Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

7 Manfaat Madu Hutan yang Membuat Hidupmu Makin Sehat

Madu memiliki banyak sekali manfaat bagi kesehatan tubuh kita. Para ahli mengatakan manfaat madu hutan lebih kaya dibandingkan madu yang diternakan.

Sangat disayangkan saat ini banyak sekali madu kemasan yang sudah tidak lagi murni madu dan lebih banyak mengandung gula. Sehingga khasiatnya jauh berkurang.

Perbedaan Madu Ternak dan Madu Hutan

Madu hutan adalah madu yang dihasilkan oleh lebah hutan. Sedangkan madu ternak adalah madu yang dihasilkan oleh lebah yang diternakkan. Perbedaanya adalah dari segi lebah penghasil madunya.

Madu hutan berukuran 1 sampai 2,5 centimeter, lebahnya dihasilkan oleh apis dorsata yang merupakan lebah terbesar dengan. Lebah jenis ini berkembang biak di India, Nepal, Indonesia dan Filipina. Madu hutan biasanya dipanen langsung dari hutan secara organik. Untuk sarang lebah hutan, biasanya berupa sisiran yang menggantung di pohon. Sedangkan 

Sedangkan madu ternak dihasilkan oleh apis cerana dan apis melifera.madu ternak kemungkinan telah menggunakan pupuk kimia atau di kasih doping buah buahan sehingga tidak lagi organik. pohon ternak biasanya diberi sarang berbentuk kotak.

Manfaat Madu Hutan untuk Kesehatan

Madu hutan memiliki banyak sekali manfaat. Apa lagi madu ini sangat murni dan termasuk produk organik. Bahkan menurut Rasulullah "Madu adalah penyembuh bagi segala penyakit dan Al-Qur'an adalah penyembuh terhadap apa yang ada di dalam dada. Maka bagi kalian terdapat dua penyembuhan; Al-Qur'an dan madu." (HR. Ibnu Majah)

Berikut beberapa manfaat diantaranya

1. Sebagai Anti Jamur dan Anti Bakteri

Manfaat madu hutan yang pertama adalah sebagai anti jamur dan anti bakteri. Madu mentah juga mengandung hidrogen peroksida dan antiseptik yang baik untuk kesehatan. Namun, fungsi madu sebagai anti bakteri dan anti jamur tentunya sangat tergantung dari jenis madu yang Anda konsumsi.

2. Mengandung Antioksidan

Di dalam madu terdapat kandungan antioksidan yang disebut dengan fenolik. Antioksidan dalam madu hutan juga melindungi tubuh dari kerusakan sel akibat radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh. Radikal bebas meningkatkan resiko terkena serangan jantung dan kanker.

3. Mengatasi Gangguan Tidur

Konsumsi jenis madu ini membantu tubuh melepaskan hormon melatonin pada otak.Melatonin adalah hormon yang bertugas untuk mengatur tidur. Madu juga baik untuk meningkatkan hormon seretonin atau jenis hormon yang menyebabkan perasaan bahagia untuk menjaga suasana hati seharian.

4. Sumber Energi

Madu mentah memiliki kandungan berupa vitamin, mineral 2%, 80% gula dan 18% air. Selain kandungan sehat tersebut, madu juga merupakan asupan energi yang bisa diserap dengan mudah oleh tubuh. Penelitian yang dilakukan di University of Memphis Exercise and Sports Nutrition Laborary menunjukkan jika madu merupakan salah satu karbohidrat yang bagus untuk dikonsumsi sebelum berolahraga.

5. Membantu Mengendalikan Gula Darah

Manfaat madu hutan selanjutnya adalah untuk membantu mengendalikan gula darah. Konsumsi madu mentah bagus untuk mengurangi resiko terkena diabetes dengan meningkatkan insulin serta mengurangi hiperglikemia.

6. Membantu Menangkal Infeksi

Madu mentah yang belum mengalami proses pengolahan dapat digunakan untuk menangkal infeksi, meningkatkan sistem kekebalan tubuh hingga mampu meringankan energi. Peneliti juga menyatakan jika madu dapat mengurangi gejala rhinitis yang dapat menyebabkan gatal, bersin hingga mata berair.

7. Membantu Mengendalikan Berat Badan

Manfaat madu hutan selanjutnya adalah untuk membantu mengendalikan berat badan. Mengganti gula dengan madu membuat berat badan menjadi lebih terkontrol sekaligus untuk menurunkan level gula dalam darah. Meski demikian, berat badan anda tentu sangat dipengaruhi oleh pola makan sehari-hari yang dijalankan.

Cara mengonsumsi Madu

Dalam mengonsumsi madu, anda bisa mengonsumsinya secara langsung atau bisa pula dengan mencairkannya terlebih dahulu. Pencairan madu dengan air sebaiknya dilakukan dengan air bersuhu normal. Hindari air yang terlalu panas atau terlalu dingin karena bisa merusak beberapa enzim penting yang terkandung di dalam madu.

  • Madu bisa dikonsumsi secara rutin 3 kali dalam sehari. 
  • waktu yang paling baik dalam mengonsumsi madu adalah pada pagi hari. Madu akan menyediakan energi yang diperlukan oleh otak dan tubuh dalam melakukan aktivitas. 

Dengan banyaknya manfaat di atas, madu bisa dijadikan sebagai asupan sehat sehari-hari bagi keluarga. Produk madu bisa kamu konsumsi dengan memesanya langsung di Madu Nektar Akasia

Post ADS 1