Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Apa itu Pendidikan?


Seorang ahli  mengartikan pendidikan. Pendidikan adalah Bimbingan Belajar untuk anak – anak hingga mereka menjadi dewasa. Orang dikatakan Dewasa apa bila memiliki 4 ciri,yaitu :

  1. Bertanggung Jawab
  2. Mandiri
  3. Mengerjakan tugas dengan tuntas
  4. Bermanfaat bagi orang lain

Tetapi seorang ahli lain yang tidak sependapat bahwa pendidikan adalah bimbingan belajar hingga seseorang menjadi dewasa.sehingga seorang ahli yang lain mengartikan pendidikan sebagai berikut :

  • Pendidikan Berlangsung Sepanjang Hayat
    • Pada pernyataan pertama,pendidikan hanya berlaku sampai mereka menjadi dewasa, namun Ketika seseorang telah menjadi dewasa,orang itu tetap membutuhkan pendidikan,karena ilmu yang ad adi dunia ini selalu terjadi perubahan,sehingga setiap orang harus tetap belajar untuk mengikuti perkembangan yang ada.

Pendidikan & pembelajaran memiliki perbedaan,yaitu :
pembelajaran diberi penilaian,sedangkan pendidikan tidak dinilai
contoh : pembelajaran didapat saat kuliah,UTS&UAS adalah bukti dimana pembelajaran di lakukan penilaian,sedangkan pendidikan didapat ketika mendengarkan ceramah,beribadah,menonton televisi,dll. Dimana setelah kita melakukan kegiatan tersebut tidak akan yang memberi penilaian.

pendidikan tidak mempunya waktu dan tempat khusus,karena pendidikan bersifat fleksibel,kita dapat melakukanya dimanapun dan kapanpun,sedangkan pembelajaran memilki waktu dan tempat khusus,seperti SMA,SMP,maupun Universitas
contoh : ketika di universitas kita pasti ditentukan jam kuliah dan ruang untuk melakukan suatu pembelajaran.

Post ADS 1