Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Rona Mentari: Menaklukkan Dunia dengan Dongeng

Mendongeng adalah aktivitas komunikasi yang mudah dan murah. Mendongeng kerap digunakan untuk menanamkan akhlak mulia kepada anak ataupun orang dewasa. mendongeng pada anak bisa dilakukan kapan dan di mana saja, Dongeng membuat nyaman, tenang sekaligus senang untuk membantu anak dalam berimajinasi. Dengan mendengarkan dongeng, anak tidak merasa dinasihati oleh orangtua maupun guru.

Banyak bangsa hebat lahir dari dongeng-dongeng sarat makna. bahkan di dalam Al-Qur'an pun banyak terdapat kisah-kisah terbaik yang penuh nilai melalui firman-Nya. kali ini penulis mewawancarai pendongeng muda penuh talenta, pendiri rumah dongeng mentari dan dongeng TV. Berikut wawancara penulis dengan Rona Mentari:

Kenapa sih suka banget sama dunia dongeng?

Karena saya suka banget didongengin! Ada cerita dibalik itu. Jadi dulu saat TK, saya anaknya pendiem banget. Temennya sedikit. Kalau lagi jam istirahat, jarang main diluar sama temen-temen. Butiran debu deh. Tapi, saat denger dongeng dari guru TK, sayamerasa bahagiaaa banget, seperti masuk kedalam dongengnya. Nah, saking senengnya, saya sampai hafal dongeng-dongeng yang disampaikan guru TK. Sampai dirumah saya sering menyampaikan kembali dongeng-dongeng itu ke orang tua terutama mama. Bagusnya, orang tua saya adalah pendengar yang baik, jadi saya makin doyan deh mendongengkan kembali dongeng-dongeng dari guru TK. Dari sana, orang tua melihat bakat saya dalam mendongeng. Dan syukurlah, mereka sangat peka dengan mengikutkan saya ke lomba-lomba dongeng, diberi panggung untuk berani maju kedepan mendongeng. Saya jadi lebih percaya diri dengan mendongeng. 

Semakin kesini ternyata proses hidup saya nggak lepas dari dunia dongeng mendongeng. Pernah ikut Pildacil Lativi, dan beberapa program televisi nasional, tetep aja ujung-ujungnya saya selalu menyampaikannya dengan mendongeng. Dari situ Allah membukakan banyak pengalaman dan wawasan kepada saya tentang berbagai manfaat dongeng, jadilah mantap dan fokus di dunia ini sampai sekarang.

Apa peran dunia dongeng untuk kemajuan indonesia?

Ini menarik, kegiatan mendongeng memang terkesan sederhana, tapi sebenarnya ada manfaat besar dibalik kegiatan sederhana ini. Saya jelaskan tentang sebuah penelitian yang dilakukan Mc Clelland. Ia meneliti mengapa Inggris memiliki mental penakluk. Kita tahu banyak sekali negara yang telah dijajah atau dengan kata lain ditaklukkan oleh Inggris. Inggris memiliki jargon negara yang menunjukkan betapa hebatnya mereka seperti “British can rules the waves”. Lalu apa yang membuat Inggris begitu hebat? Melalui penelitian yang ia lakukan, didapat kesimpulan bahwa ternyata alasannya adalah karena dongeng! Iya, dongeng yang disampaikan kepada anak-anak Inggris saat itu bertemakan penaklukan seperti The Knight and The Dragon yang menceritakan tentang ksatria. Dongeng itu kemudian merasuk dalam pikiran anak hingga kemudian menjadi jiwa dalam diri mereka.

Jadi, kalau ditanya apa peran dunia dongeng di Indonesia, saya yakin, melalui dongeng-dongeng indah yang mengandung nilai baik, negara kita akan menjadi bangsa yang jauh lebih hebat. Kita bisa membangun bangsa melalui dongeng yang disampaikan kepada anak-anak. 

Dongeng TV salah satu jalanya?

Kampanye tim dongeng.tv di bunderan HI
Jadi sebenarnya Dongeng.TV ini muncul atas respon kita terhadap perkembangan teknologi yang tidak bisa dihindari. Anak-anak menjadi akrab dengan layar ajaib yang bisa mereka genggam setiap saat dan asik didalamnya setiap waktu. Kita tidak bisa menghindarkan anak-anak generasi digital ini dengan piranti piranti teknologi masa kini. Namun apakah konten yang ada pada piranti teknologi itu baik untuk mereka? Pilihannya ada dua, kita diam saja dan membiarkan berbagai konten teknologi ini menerpa anak-anak Indonesia tanpa batas, atau memanfaatkannya agar bisa bermanfaat baik untuk anak.

Oleh karena itu, kami, Rumah Dongeng Mentari dan Klub Dongeng FIM berinisiatif membuat sebuah podcast series channel youtube yang berisikan video dongeng, tips mendongeng, dan pengetahuan tentang dongeng. Itu semua bisa diakses melalui alamat Dongeng.TV.

Dongeng.TV adalah situs alternatif untuk anak. Dan situs belajar untuk orang tua, kakak, maupun pengajar. Dongeng melalui media ini tentu tak bisa menggantikan dongeng yang disampaikan secara langsung. Yang kami bayangkan adalah ketika anak-anak melihat video di Dongeng.tv, akan menstimulus mereka meminta orang terdekatnya seperti orang tua untuk mendongeng kepada mereka seperti dalam video. Oleh karena itu, dongeng.tv juga berharap, orang tua, guru, dan kakak bisa memanfaatkan dongeng.tv untuk belajar mendongeng. Situs ini hitungannya masih baru dan masih banyak kekurangan di sana-sini. Kami masih belajar untuk tetap bisa konsisten memproduksi video-video yang berkualitas baik. Bantu kami dengan mengakses dan menyebarkan videonya.

Gimana cara kita untuk mulai mendongeng?


Selama kita bisa berbicara, maka kita bisa mendongeng. Jika masih ragu untuk mendongeng secara langsung, maka kita bisa menggunakan buku dongeng. Kita bacakan buku dongeng bergambar di depan anak-anak misalnya adalah cara paling sederhana tapi efektif menumbuhkan minat baca dan tulis anak. Kalau sudah hafal dengan dongengnya, kita bisa meletakkan buku dan gunakan boneka tangan atau dengan ekspresi-ekspresi wajah yang bisa kita mainkan. Untuk orang tua, jangan khawatir, anak-anak hanya ingin mendengar suara orang tuanya melalui dongeng sebelum tidur. Jangan takut untuk memulai mendongeng! They just wanna hear yours! J
Selama kita bisa berbicara, maka kita bisa mendongeng.
Selain tips-tips sederhana tadi, jika ingin lebih mendalam, temen-temen bisa cari literatur-literatur tentang mendongeng. Ikut kelas mendongeng juga sangat baik walaupun jarang ada. Silahkan juga subscribe Dongeng.TV untuk mendapat tips-tips mendongeng gratis secara berkala.

Rona Mentari - Pendongeng & Founder Dongeng.TV

Baca Serial #MudAksi lainya pada link berikut : disini
Post ADS 1