5 Cara Mudah Meningkatkan Pengunjung Blog, Cobalah!

Sebelumnya kita sudah berbagi banyak hal tentang mendulang trafik di sosial media, udah tahu kan y? oh ada yang belum ya? yang belum baca bisa langsung ke link berikut: Meningkatkan Pengunjung Blog dengan Sosial Media.

Kenapa harus meningkatkan pengunjung blog? kira- kira butuh gak? butuh doooong, kan katanya mau terkenal dan "kaya" dari ngeblog.hehe, kecuali kamu memang ngeblog untuk diri sendiri aja.

Selain melalui sosial media ada beberapa cara lagi agar blog bisa meningkatkan pengunjung blog. Beberapa cara berikut dapat kamu coba untuk mendatangkan pengunjung ke blog kamu.

Signature Email

Ini cara pertama yang cukup mudah. Kamu dalam sebulan mengirim email keberapa orang? berapa kali interaksi? pasti banyak dong ya. bayangkan orang-orang yang beremail dengan kamu juga menjadi pengunjung blog kamu? pasti senang banget kan, makanya penggunaan signature di email kita untuk promosi blog adalah cara yang cukup ampuh.

signature email saya di ihsanmrpresident@yahoo.co.id
Saya pribadi menggunakan signature email dengan beberapa promosi, yaitu peluang usaha di bazarumat.net, sebagai pendiri yayasan kampung sarjana taqwa dan pendiri di unjkita.com.

Kira-kira berapa orang yang klik?gak tahu deh, gak pernah ngukur. tapi masa sih gak ada yang ngeklik :)

Blogwalking

Cara berikutya adalah blogwalking, apaan tuh? intinya berkunjung di blog orang lain dan berkomentar di artikel yang mereka buat.

Dengan melakukan cara ini minimal sang punya blog akan mengunjungi kembali blog kamu, syukur-syukur bisa dapat pebaca baru dari blog dia, dan menanamkan link url dofollow (akan saya bahas lain kali y soal dofollow)
Foto diatas adalah contoh blogwalking di penaaksi.com, si Andreas widodo ini blogwalking sambil ninggalin jejak link url dia. Kan lumayan kalo ada trafik yang datang dari url yg dia tinggalin di blog ini.

Penulis Tamu

Menjadi penulis tamu adalah cara yang sangat-sangat efektif sob. selain tulisanmu dimuat di blog temanmu itu, kamu juga dapat backlink yang bagus untuk meningkatkan SEO blog kamu di mesin pencari mbah google. asal dengan catatan! kamu menjadi penulis tamu di blog yang cukup terkenal.

Kenapa harus terkenal, biar efeknya besar, kalo belum terkenal gimana? gpp juga sih. tapi efeknya gak terlalu bagus. nah kamu sekarang bisa hunting blog-blog terkenal mana aja yang menyediakan ruang penulis tamu di blognya. di Penaaksi.com gimana? bisa-bisa.hehe kirim ke email saya aja y cek "about".

Mulut ke Mulut

Gaya promo ini adalah yang paling mudah, kamu bisa langsung promokan ke teman-temanmu mulai dari ngobrol santai, kumpul komunitas, sampai ke forum-forum yang agak formal. Kamu bisa sertakan blog kamu di kartu nama, CV, presentasi kamu ketika mengisi di kelas atau di sebuah forum, dan buat sticker tempel di tempat-tempat strategis.

Gampangkan? kalo perlu d tempat-tempat terlarang, biar blog kamu benar-benar terkenal dan diburu banyak orang.hehe.

Kalo punya sedikit uang bisa juga pake gaya spanduk brutal yang banyak dilakukan bisnis, personal, dan lembaga di jalan-jalan. dan rata-rata pada gak berizin sob gak ada salahnya kamu coba satu spanduk di lampu merah dekat rumahmu.hehe

Saling Promo

Cara terakhir yang pengen saya bagikan adalah dengan saling promosi. Kamu punya teman yang juga ngeblog? cari kesepakatan mau model promo yang seperti apa yang kita lakukan? saling menjadi penulis tamu, tukeran banner, atau saling menaruh blog kita di sidebar blog sahabat? banyak cara sob.

Saling promo ini salah satunya saya terapin di UNJkita.com, cek ke sidebar deh atau scrool kebawah (jika kamu pengguna handphone) pasti kamu akan menemukan banner UNJkita.com, terus kita di unjkita.com dapet apaan? link ke blog kita di halaman profil penulis.

Saran saya sih cari blog yang temanya saling menguatkan dan berhubungan biar saling promonya tepat sasaran. Karena dengan tema yang berhubungan berarti kita tepat menyasar pembaca baru, karena selera baca mereka sesuai dengan konten yang kita tuliskan.

Tingkatkan Kecepatan Loading Blog


Kecepatan loading blog sangat mempengaruhi pengunjung blog agar tetap berada di blog kamu. semakin lama proses loadingnya semakin besar kemungkinan pengunjung blog tidak jadi berkunjung. 

Untuk mempelajari persoalan ini kamu bisa membaca selengkapnya di Cara Mempercepat Loading Blog atau klik disini.

Sekian untuk tips ngeblog kali ini. teman-teman yang belum sempat mengikuti dari awal silahkan ke link berikut KLIK: ngeBLOG. semoga bermanfaat, sekali lagi tips ini gak akan berefek apa - apa kalo kamu gak mencoba untuk menerapkanya, laksanakan! laksanakan!

[Baca Bab 5]
Post ADS 1
Banner
Banner